Kamis, 22 September 2011

Tips Buat Belajar Matematika Jadi Enak & Menyenangkan



Biasanya sebaian besar orang, paling gak suka dan gak doyan sama yang pelajaran satu ini, pelajaran matematika . Umumnya setiap ngeliat soal matematika, orang udah ilfeel duluan. Malahan yaa, kalo tau hari ini ada pelajaran mtk, kadang kita juga udah berfikiran jelek duluan “yaah hari ini ada mtk L”. Wah banyak deh ekspresi yang gak enak setiap mau belajar matematika.
Tapi tuh yaa, mtk itu more than you thinks, (apa sih??? Gw gak ngerti bahasa inggris nih haha) maksudnya tuh, mtk itu lebih dari apa yang kita pikirkan, mtk itu banyak sesuatu yang menyenangkannya ketimbang gak enaknya. Menurut gw, Mtk itu dibuat supaya kita bisa ngembangin pikiran dan kemampuan kita, soalnya mtk itu banyak hubungannya ke logika, banyak juga hubungannya ke kemampuan kita ngolah soal-soal. Gw mah yakin banget kita tau rumus-rumus mtknya, tapi yang jadi masalahnya, gimana caranya kita bisa nyari jawaban dari setiap soal-soal yang kita lagi kerjain pake rumus-rumus yang udah kita tau. Nah mungkin menurut gw disitu letak kesulitannya, tapi sebetulnya masih banyak ketakutan-ketakutan kita laennya sama mtk. Nah karna itu lah gw mau ubah pola pikir kalian yang masih gak suka, gak mau, dan takut buat berurusan sama yang namanya pelajaran mtk.
Berikut tips-tips dari gw yang mungkin bisa ngebuat kalian jadi seneng sama mtk. Cekidot!!!
  1. Niat. Niatin dulu diri kita buat belajar mtk dengan sungguh-sungguh, buang segala pikiran buruk kita tentang mtk, buang deh jauh-jauh. Kalo udah niat, dijamin ngeresap ilmu dari mtknya nanti jadi gampang.
  2. Mohon kpd sang Khalik biar dimudahin pas belajar mtknya. Peran dari Yang Maha Kuasa itu sangat penting, biar kita direstuin buat cinta sama yang namanya mtk, nah kalo udah cinta, nanti kan tinggal mesra-mesraan tuh sama soalnya, ya gak? Hahaha
  3. Berpikir positif sama mtk. Kalo kita udah negative thingking duluan sama yang namanya mtk, pasti apa apa jadi gak enak deh, dan yang pasti setiap berlajar mtk, ilmunya gak ngeresap sama sekali ke otak kita, karena otak kita udah di setting duluan buat nolak yang namanya mtk , jadi berfikirlah positif sama mtk. ;-)
  4. Gaul sama orang yang pinter mtk . Jadi kita bisa nanya-nanya ke dia kalo kita lagi gak ngerti mtk, cara ini lumayan efektif buat kita ngerti mtk.
  5. Ajarin ilmu yang udah kita dapet ke orang lain yang gak ngerti mtk. Kalo tadinya kita gak ngerti mtk, kita kan nanya ke temen/guru nih, naaaah pas kita udah tau, kita juga Wajib ngasih tau ke yang gak bisa, soalnya dengan kita ngajarin ke orang lain, ilmu yang udah kita dapet makin nempel di otak kita.
  6. JANGAN ILFIL. Naah ini tuh hal yang paling sering gw dapetin di temen-temen gw yang lagi kesusahan pas ngerjain soal mtk. Misalnya, kita lagi ngerjain soal mtk kayak gini: Sederhanakan Cos2x + Sin4x.Cos4x –Sin 2x ? nahhhh bagi sebagian orang, soal ini ngeselin banget, bukan ngeselin karna gak bisa jawab, tapi ngeselin karna soalnya ini soal tentang TRIGONOMETRI, kebanyakan orang udah ilfil duluan sama nih soal, akhirnya gak dikerjain, padahal tuh yaa kita mungkin bgt bisa ngejawab tuh soal, dengan syarat, GAK BOLEH ILFIL. Penting banget nih tips no.6.
  7. Sering-sering pedekate sama soal-soal mtk. Kalo kita suka sama seseorang, pasti kita bakalan nyari tau tentang dia, terus jg smsan, telpon-telponan, jalan bareng, terus akhirnya kalo udah sama-sama suka, kita nyatain perasaan kita (bagi yang cowok) naah analogi-in aja mtk kayak orang yang kita suka, yang kita sayangin. Hehe.. kita tuh gak bakal bisa suka sama pelajaran mtk, kalo kitanya sendiri emang gak mau nyari tau tentang dia, kata orang don’t look the book from the cover, yaa emang sih cover buku mtk yang kita punya gak serem, dan gak ada setannya, hahaha tapi maksudnya, kita tuh diharuskan ngerjain soal-soal mtk itu sendiri sesering mungkin, biar kita jatoh hati sama mtk, Insya Allah kita bisa jadi jago mtk dehh, amin.. hahaha
Yaaa segitu aja paling tips dari gw yang emang penting banget dikerjain biar kita suka sama mtk. Intinya harus ada usaha dari kitanya sendiri dan kita gak boleh berfikiran buruk sama mtk, karna sesungguhnya mtk itu asik, seru, dan menyenangkan.
Kalo kita udah suka sama pelajaran mtk, kita bakalan bebas sesuka hati buat mesra-mesraan sama tuh soal-soal, hahaha .
Menurut gw, hal yang paling enak di mtk yaitu pas gw bisa ngolah soal jadi gampang dan bisa nemuin jawabannya. Ada kepuasan tersendiri yang bisa didapet setiap kali gw bisa ngerjain soal-soal mtk. Kepuasan itu gak bisa digambarin pake kata-kata, hmm mungkin ibarat kita mau nembak seorang cewe dan pas kita nembak, kita diterima. Apa coba rasanya? Seneng kan? Nah analoginya gak jauh beda setiap kali kita bisa nyelesein soal mtk.
Banyak banget deh keuntungan dan enaknya bisa suka sama mtk, gw gak bisa ngejembrenginnya di sini satu per satu, yang jelas MTK ITU ENAK, SERU, dan NYENENGING. Gak perlu NGAFALIN TEORI, karena mtk itu ilmu pasti, dan pasti ada jawabannya kalo kita lagi ngerjain soal. Kita gak perlu tuh yang namanya ngapalin pengertian, teori, dan hafalan laennya kayak lagi belajar biologi dll, kita tuh cukup ngerti rumus, pasti ngerti cara ngejawabnya. Wahh keren kan belajar mencintai mtk? Tunggu apa lagi, mencintai MTK gak harus nunggu besok, minggu depan, tahun depan, atau pas mau ulangan, dari sekarang lebih baik, kalo kata JK “lebih cepat lebih baik” hahaha… tapi bukan berarti belajar terus beoknya lupa lagi yaa. Hahaha
Maap kalo ada salah-salah kata, moga buat kalian yang gak suka mtk, bisa jadi termotivasi buat seneng sama mtk dari tulisan gw ini. Amin.. hehehehe

Sumber : http://hackerenz.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar