Jumat, 11 November 2011

Cara Membuat Link di Blog

Salah satu tahap terpenting dalam membangun sebuah blog agar lebih kaya informasi dan disenangi oleh mesin pencari adalah membuat link di blog. Link atau dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai tautan sangat diperlukan oleh sebuah blog, ada 2 jenis link atau tautan yang biasanya terdapat dalam sebuah blog. Yaituinbound link (tautan kedalam) dan outbound link(tautan keluar). Sesuai dengan namanya inbound link adalah tautan yang menghubungkan satu posting artikel dengan posting artikel yang lain atau halaman utama atau tautan dari blog yang lain yang mengarah ke posting artikel atauhalaman blog tersebut. Sedangkan outbound link adalah kebalikan dari inbound link, yaitu memberikanlink atau tautan kepada blog yang lain.
Saat ini untuk membuat link di blog, baik untuk tujuan inbound link ataupun outbound link, jauh lebih mudah dibandingkan beberapa waktu yang lalu ketika CMS (Content Management System) atau blog belum ditemukan. Dahulu untuk membuat suatu tautan atau link, kita harus mengetahui bahasa pemrograman website (html, asp atau php). Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana membuat link di blog, baik yang menggunakan blogspot maupun wordpress. Persiapan yang anda perlu lakukan adalah menyiapkan artikel yang siap untuk diposting pada blog anda, lalu dari artikel tersebut ada berapa kata yang memerlukan tautan.
Blogspot
Perhatikan gambar dibawah ini, sesuai dengan nomor urut.
link blogger
Pertama, highlight kata yang akan dilinkkan ke url address yang sudah anda siapkan. Kedua, klik Link(perhatikan panah no. 2), lalu akan muncul window sesuai pada gambar diatas, masukkan url address pada panah no. 3. Kemudian klik OK, dan selesai. Anda sudah melakukan link ke url address pada kata/frase kata yang anda inginkan.
WordPress
Bagaimana dengan wordpress, sebenarnya pada prinsipnya hampir sama namun beda tampilan saja. Perhatikan dengan cermat gambar dibawah ini!
linking wordpress
Langkah untuk membuat link di wordpress sama dengan langkah membuat link di blog wordpress, silahkan perhatikan urutannya. Namun, di wordpress anda telah disediakan fitur target link yaitu pilihan membuka link di window baru atau di window yang sama dengan artikel tersebut, agar ketika kata kunci yang anda highlight tersebut diklik oleh pembaca, maka secara otomatis wordpress akan menampilkan link tersebut pada window yang baru atau pada window yang sama tergantung kepada apa yang anda pilih pada setingan target.
Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar