Kamis, 24 November 2011

Mengkonstruksi Rumus Volume Bangun Ruang

Bangun ruang adalah bangun yang memiliki isi atau volume. Macam-macam bangun ruang adalah kubus, balok, prisma, limas, kerucut, tabung dan bola. Dari 7 bangun ruang tersebut mempunyai rumus volume yang berbeda-beda dan pasti ada siswa yang kesulitan untuk menghafalkannya.
Nah disini saya akan mengajak untuk mengkonstruksi volume suatu bangun ruang, minimal dengan menyederhanakan banyaknya rumus itu sendiri. Sekarang kita mulai dengan mengkategorikan bangun ruang dalam 3 kategori :


  1. bangun ruang biasa
  2. bangun ruang lancip, dan
  3. bola

Dengan mengkategorikan bangun ruang dengan cara di atas maka kita juga hanya membutuhkan 3 rumus volume sehingga lebih mudah untuk mengingatnya. Rumus volume bangun ruang berdasarkan kategori di atas adalah:

  1. bangun ruang biasa
    volume = luas alas x tinggi
    Nah, dari rumus tersebut kita bisa mengkontruksi rumus untuk kubus, balok, prisma, dan tabung.
    Ingat !! Suatu bangun ruang dalam kategori 1 ini selalu memiliki bidang alas = bidang atas (tutup)
  2. bangan ruang lancip
    volume = 1/3 x luas alas x tinggi
    Dari rumus tersebut kita dapat mengkonstruksi rumus limas dan kerucut.
  3. bola
    volume = 4/3 x ∏ x r³

Sekarang, kalian tidak usah bingung-bingung lagi untuk menghafalkan rusmus volume bangun ruang. Oh ya kalo saya dulu waktu masih SMP menggunakan jembatan keledai seperti ini :

Semua bangun ruang memiliki rumus volume = luas alas x tinggi. Jika lancip ditambah 1/3 di depannya dan jika bola memiliki rumus sendiri.
Ok.. selamat belajar matematika semoga sukses.

0 komentar:

Posting Komentar