Senin, 28 November 2011

Tips Membersihkan Layar LCD Laptop, LCD Komputer, atau LCD Lainnya

Jika Anda baru saja membeli laptop / notebook atau PC dengan monitor LCD, mungkin Anda sedikit khawatir akan layar LCD yang rawan akan debu. Jika Anda ingin mencari tutorial tentang cara untuk membersihkan layar LCD Anda tanpa merusak Layar atau apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak seharusnya dilakukan terhadap layar LCD, berikut ini akan saya jelaskan sedikit tentang apa yang harus Anda lakukan terhadap layar LCD Anda.


Pertama-tama Anda harus tahu, Anda bisa menggunakan bahan-bahan dari rumah tangga untuk membersihkan atau bisa juga membeli kit komersial untuk menyelesaikan tugas. Apapun metode yang Anda pilih, Anda harus tahu hal-hal berikut:


1.  Membersihkan layar LCD dengan bahan-bahan yang mengandung alkohol, amonia atau pelarut lainnya
tidak direkomendasikan oleh produsen. Anda harus memahami LCD itu bukan kaca, jadi yang harus Anda gunakan untuk membersihkan adalah dengan kain lembut kering.

2.  Ketika Anda ingin membersihkan dengan suatu cairan, cobalah menggunakan air suling atau campuran 50/50 cuka putih dan air suling. Jangan pernah mencoba menggunakan air keran / PDAM, air sumur, dll, karena air tersebut mengandung mineral yang dapat merusak layar LCD atau dapat meninggalakan bekas / cacat permanen pada layar.


3. Jangan mencoba menyemprotkan air langsung pada layar LCD. Ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada layar LCD. Seharusnya oleskan dahulu pada kain, baru dilap / dibersihkan.


4. Disarankan untuk menggunakan kain microfiber. Anda dapat mencoba kapas murni seperti T-shirt, kain microfiber bebas serat, kain sekali pakai (tersedia di apotek) atau kain lembut lain yang serupa. Tisu lensa yang Anda gunakan untuk membersihkan kamera Anda juga dapat digunakan untuk membersihkan layar LCD atau kain untuk membersihkan lensa kacamata juga bisa.


Jika Anda telah mendapatkan pilihan yang tersedia untuk membersihkan, langsung menuju step berikutnya. Sebelumnya matikan dahulu sumber listrik ke LCD PC atau notebook. Untuk membuat lebih aman, cabut kabel adaptor listrik dan lepas
baterai laptop / notebook. Sekarang coba menuang cairan pada kain. Jangan membuat kain basah, hanya lembab saja.

Gunakan sedikit saja tekanan saat Anda membersihkan layar LCD. Gunakan kain  dengan gerakan melingkar yang konsisten pada layar. Hanya memberi tekanan lembut, menekan keras dapat merusak layar LCD.


Setelah menyelesaikan pekerjaan pembersihan LCD Anda tadi, pastikan layar LCD Anda kering sebelum menutupnya atau menyalakannya. Untuk membuatnya kering, Anda bisa menggunakan kain bebas serat kering yang sudah saya sarankan pada poin no. 4 di atas.


Jika Anda mengikuti tips di atas dengan benar saat membersihkan monitor LCD Notebook, PC LCD, TV, TV Plasma, dan setiap layar LCD, maka tidak akan ada kerusakan permanen pada pixel LCD.

0 komentar:

Posting Komentar