Minggu, 04 Desember 2011

Tips Untuk Mengamankan Computer Anda Dari Serangan Virus


Bagi anda yang berkecimpung di dunia IT atau hanya sekedar terbiasa dengan computer atau laptop pasti tidak asing lagi dengan yang namanya virus. Perkembangan virus-pun akhir–akhir ini sudah sangat pesat dan seakan–akan menantang pembuat anti virus untuk terus meng-update anti virus buatanya.

Sampai saat ini saya juga kurang paham apa tujuan dan manfaat seseorang membuat sebuah virus, dari pendapat saya pribadi timbullah sebuah pemikiran bahwa yang membuat anti virus itu tidak lain dan tidak bukan adalah si pembuat anti virus itu sendiri. Kenapa saya bisa berpikir seperti itu? Karena saya melogika dengan akal rasio saya dengan hukum sebab–akibat, tidak mungkin anti virus akan bermanfaat tanpa adanya virus, tidak mungkin masalah bias terselesaikan tanpa adanya solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.
OK lah kita lupakan dulu dugaan – dugaan saya tentang virus dan anti virus, sesuai judul di atas saya akan menjelaskan beberapa tips untuk mengamankan computer anda dari serangan virus supaya anda lebih berhati–hati agar computer atau laptop anda tidak gampang terserang virus. Berikut ini Tips-nya:
1.    Jangan asal untuk menginstal software
Waspadalah anda dalam menginstal software yang anda dapatkan dari CD bajakan, teman, ataupun internet. Biasanya saya sering menemui software yang kita download di internet itu banyak yang sudah terinfeksi virus, jadi buat anda saya sarankan untuk berhati–hati dalam menginstal software bajakan, kalau software asli kemungkinan besar bersih dari virus walaupun tidah jaminan 100% sih tapi setidaknya kalau yang namanya software berbayar sudah dijamin keamanannya.
2.  Hati-hati pada lampiran email atau link pada email
Eemail yang masuk dari alamat yang tidak anda kenal juga patut anda waspadai biasanya virus terkirim pada lampiran dan berformat .exe, .pif, .bat, dll menurus pengalaman saya pribadi lampiran yang berformat .exe, .pif, .bat, itu merupakan virus yang sengaja di sisipkan agar mudah dalam penyebarannya hanya dengan mengirimkan email saja.
3.  Update rutin Anti Virus
Pastikan anti virus yang anda install selalu ter-update dengan teratur, dengan kita selalu meng-update antivirus di dalam computer atau laptop setidaknya kita sudah memberikan proteksi keamanan yang terbaru karena perkembangan virus yang selalu ter-update terus.
4.  Awasi orang yang memakai computer kita
Walaupun yang memakai adalah teman dekat kita sendiri setidak–tidaknya kita harus tetap berusaha memberikan proteksi lebih pada computer atau laptop kita biasanya virus tertular dari Flash disk teman kita yang sudah terinfeksi virus memudian di buka di computer kita.
5. Waspada pada saat Online
Virus juga sering tertular pada saat kita online selalu jalankan anti virus, anti spyware dan cek firewall pada saat kita online biasanya yang sering terjadi adalah kita diberi pertannyaan apakah akan meyetujui untuk menginstal software dari situs yang tidak jelas.
Demikian Tips dari saya untuk mengamankan computer anda dari serangan virus yang bisa anda lakukan untuk menjaga computer atau laptop anda tetap sehat dan optimal.

0 komentar:

Posting Komentar