Senin, 07 November 2011

Teori Pemprosesan Informasi (ROBERT GAGNE)

Teori pembelajaran yang dikemukakan oleh Robert gagne disebut dengan “teori pemrosesan informasi”, dan “teori kondisi-kondisi pembelajaran”.asumsi yang mendasari teori gagne adalah bahwa pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting dalam perkembangan . perkembangan merupakan hasil kumulatif dari pada pembelajaran. Hasil pembelajaran manusia pada dasarnya bersifat kumulatif, yang berarti bahwa hasil pembelajaran yang dicapai individu adalah merupakan kumpulan keseluruhan hasil-hasil pembelajran yang sebelumnya terkait.
Gagne berpendapat bahwa dalam pembelajaran terjadi proses penerimaan informasi untuk kemudian diolah sehingga menghasilkan keluaran dalam bentuk hasil pembelajaran.dalam memperoleh informasi itu terjadi adanya interkasi antara kondisi-kondisi internal dan kondis eksternal. Kondis internal ialah keadaan di dalam diri individu yang diperlukan untuk mencapai haisl pembelajaran, dan proses kognitif yang terjadi dari dalam individu selama proses pembelajaran  berlangsung. Sdangkan kondisi eksternal ialah berbagai rangsangan dari lingkungan yang mempengaruhi individu dalam proses pembeljaran.interaksi antara kondisi internal dan kondisi  eksternal menghasilkan hasil pembelajaran.
Dengan merujuk kepada teori-teori pembelajaran sebelumnya (behaviorisme , kognitif ,gestalt), selanjutnya gagne mengemukakan ada delapan jenis bentuk pembelajaran , yaitu: 1. pembelajaran melalui isyarat, 2.pembelajaran melaui rangsangan, 3.pembelajarn perantaian, 4.pemeblajaran perkaitan verbal, 5. pembelajaran membeda-bedakan ,6.pembelajaran konsep ,7.pembelajaran menurut hukum, dan 8. pmbelajaran penyelesaian masalah.
Dalam kaitan pengajaran di ruang kelas, gagne   mengemukakan ada sembilan langkah pengajaran yang perlu diperhatikan oleh guru. Langkah-langkah tersebut adalah:
1.   Melakukan tindakan untuk menarik perhatian siswa.
2.   Memebrikan informasi kepda siswa mengenai tujuan pengajaran dan topic-topik yang akan di bahas.
3.   Merangsang siswa untuk memulai aktivitas pembelajaran,
4.   Menyampaikan isi pelajaran yang di bahas sesuai dengan topic yang telah diterapkan.
5.   Memberikan bimbingan bagi aktivitas siswa dalam pembelajaran.
6.   Memberikan peneguhan kepada perilaku pembelajaran siswa.
7.   Memberikan umpan balik terhadap prilaku yang ditunjukkan siswa.
8.   Melaksanakan penilaian proses dan hasil pembelajaran.
9. Memberikan kesemapatan siawa untuk mengingat dan menggunakan hasil pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar