Senin, 07 November 2011

International Zhautykov Olympiad 2006 Soal 2

Misalkan titik K terletak pada sisi AB dan titik L terletak pada sisiAC dari segitiga ABC sedemikian sehingga BK=CL. Garis BLdan CK berpotongan di titik P. Garis yang melalui titik P dan sejajar dengan garis bagi sudut BAC memotong garis AC di titik M. Buktikan bahwa AB=CM.

Bukti 1:
Misalkan garis yang melalui titik P dan sejajar dengan garis bagi sudut BAC memotong garis AB di titik N. Kita akan membuktikan bahwa AB=CM dan AC=BN. Sekarang, semua pernyataan simetris terhadap B dan C (artinya B dan C dapat dipertukarkan), maka tanpa mengurangi keumuman anggaplah AB\le AC.
Perhatikan bahwa \angle AMN=\angle PMC=\frac12\angle BAC dan \angle MAN=180^{\circ}-\angle BAC. Maka \angle ANM=\frac12\angle BAC=\angle AMN, akibatnya AM=AN.
Dengan dalil Menelaus pada segitiga ABL dan garis transversal KPC diperoleh \frac{AC}{CL}\cdot\frac{LP}{PB}\cdot\frac{BK}{KA}=1. Karena CL=BK, maka \boxed{\frac{AC}{KA}=\frac{PB}{LP}}.
Dengan dalil Menelaus pada segitiga ABL dan garis transversal PMN diperoleh \frac{BN}{NA}\cdot\frac{AM}{ML}\cdot\frac{LP}{PB}=1. Karena NA=AM (telah dibuktikan di atas), maka \boxed{\frac{BN}{ML}=\frac{PB}{LP}}.
izho
Gabungkan kedua hasil di atas, maka kita mendapat bahwa \frac{AC}{KA}=\frac{BN}{ML}, atau \frac{AM+ML+LC}{KA}=\frac{NA+AK+KB}{ML}. Karena AM=NAKB=LC, maka \frac{AM+ML+KB}{KA}=\frac{AM+AK+KB}{ML}. Persamaan terakhir ini ekuivalen dengan
(AM+ML+AK+KB)(ML-AK)=0. Karena AM+ML+AK+KB\ne0, maka ML-AK=0 sehingga ML=AK.
Jadi AB=AK+KB=ML+CL=CM dan BN=BK+KA+AN=CL+ML+AM=AC. Dengan ini bukti kita sudah selesai.
Bukti 2:
Buat titik D sedemikian sehingga ABDC adalah jajar genjang. Misalkan titik Q adalah perpotongan garis DB dan garis CK, misalkan juga titik R adalah perpotongan garis DC dengan garis BL.
Karena ABDC adalah jajar genjang, maka garis LC sejajar dengan garis BD. Jadi segitiga RLC sebangun dengan segitiga RBD.
Perhatikan bahwa segitiga PRC sebangun dengan segitiga PBKsehingga \frac{RP}{PB}=\frac{RC}{BK}. Kita juga tahu bahwa BK=CL, maka \frac{RP}{PB}=\frac{RC}{CL}. Karena segitiga RLC sebangun dengan segitiga RBD, maka \frac{RC}{CL}=\frac{RD}{BD}, sehingga \frac{RP}{PB}=\frac{RD}{BD}. Jadi, menurut teorema garis bagiDP adalah garis bagi dari sudut \angle BDC.
izho2
Karena ABDC adalah jajar genjang, maka garis bagi dari sudut \angle BAC sejajar dengan garis bagi sudut \angle BDC. Jadi PM sejajar dengan garis bagi sudut BDC. Akibatnya DP, dan M segaris. Misalkan \angle BDC=\angle BAC=2\alpha. Perhatikan bahwa \angle CMP=\alphadan \angle CDP=\alpha, maka CM=CD. Tetapi ABDC adalah jajar genjang sehingga CD=AB, akibatnya CM=AB. Bukti kita selesai.

0 komentar:

Posting Komentar